Ada Apa Saja di 2016?

Sebelum melangkah lebih lanjut lagi ke post di tahun 2017, gue ingin ‘bernostalgila’ sedikit ke beberapa memori di tahun 2016.

Dan karena gue saat ini berada di Jepang, gue akan tetap membawa fakta-fakta unik soal Jepang yang berkaitan dengan post-post gue. Sebisa mungkin :3

Kebiasaan Menulis Agenda di Jepang

Sejak gue memutuskan melarikan diri pindah ke Jepang, gue mulai melakukan banyak observasi terhadap orang-orang di sekitaran sini. Karena gue memulai petualangan gue sejak SMA kelas 3 disini, gue benar-benar melihat segala halnya dari nol kecil. Udah kayak TK.

Hal pertama yang menarik buat gue di orang Jepang yang sampai sekarang ngga pernah terpikirkan oleh gue selama di Indonesia adalah: kebiasaan mereka menulis agenda harian. Biasanya, yang rajin nulis-nulis begini cewek. Cowok ada, tapi jarang. Mereka prefer nulis jadwalnya di henpon.

Dan karena banyaknya orang Jepang yang melakukan kebiasaan ini, ngga heran ada banyak buku-buku agenda tahunan yang unyu-unyu yang dijual setiap akhir tahun dengan berbagai desain-desain ciamik. Agendanya juga dijual selain akhir tahun, tapi biasanya kurang seru desainnya.

Akhirnya gue pun tergoda buat memulai nulis-nulis keseharian jadwal gue biar gue ga lupa. Efek sampingnya yaaa, gue jadi ketergantungan sama bukunya. Harus dibawa kemana-mana :))

Dibawah ini adalah buku agenda gue setiap tahun yang masih gue simpen in case, gue ingin mengenang masa lalu (?)

%e5%86%99%e7%9c%9f-2017-01-14-20-28-23
Urutan dari kiri-ke kanan: Akhir 2010 ke 2011, sampai 2017. Surviving until the 7th year! Udah kayak Harpot ya. Harry punya agenda juga ga ya?

Gue sendiri termasuk orang yang susah buat konsisten sih, tapi satu-satunya hal yang bikin gue konsisten terhadap sesuatu ya, agenda ini hahaha.

Oh dan P.S., ini sebenernya sama aja dengan diary. Jadi jangan biarkan orang lain ngintip/baca ya!

 

Sembari menyusuri album2 digital dan buku diary tahun 2016, gue mau coba rekap ada hal menarik apa aja yang gue lewati sepanjang tahun penuh cobaan itu (?)

1. New Year Trip to Hiroshima and traveled the Rabbit Island!

img_2376
Look at that happy face!

Gue teringat bokap dan adek gue mengadakan sidak kunjungan buat tahun baruan di Jepang selama seminggu, sekalian buat ngetes JR Pass biar bisa keliling-keliling Jepang menggunakan Shinkansen* secara hratis. Enak yha…

Dalam waktu seminggu itu pun, gue yang bertugas sebagai penerjemah harus ikut *lho iya atuh* kemana-mana dan dalam seminggu itu, jadwal kita cukup padet. Sebenernya ngga hanya ke Hiroshima aja, kita juga mampir ke Nagoya, Takayama, tahun baru di Osaka, kemudian Hiroshima, Nagasaki, dan kembali ke Tokyo. Saat itu gue juga masih tinggal di Kochi, jadi setelah mengantar semuanya pulang, gue kembali ke habitat gue buat ngelarin skripsi. Tapi di antara semua tempat itu, bucket list yang sudah terpenuhi adalah ke pulau kelinci di Okunoshima itu. Makannya, ini jadi hi-light di pembuka tahun 2016 gue :))

Yang ingin post selengkapnya, bisa leave comment nanti gue tulis lengkapnya.

2. Part Time Terakhir Selama Jadi Mahasiswa

Processed with VSCOcam with m5 preset

Selama kuliah, gue menyambi banyak pekerjaan. Sebenernya, yang paling dasar dan gampang banget buat foreigner ambil part-time di Jepang (atau mungkin di negara lainnya?) itu ya, jadi pelayan. Huhauehaua. Dan jangan pernah bayangkan jadi pelayan di Jepang itu sejenis pelayan-pelayan di pilem-pilem bule yang bisa dandan sembarangan terus dapet tips terus tetiba dapet nomor telepon dari customer ganteng terus jadian terus drama terus akhirnya nikah dan hepi ending. Ngga, ngga sama sekali. Ada banyakProcessed with VSCOcam with se3 preset lika-likunya biar bisa jadi pelayan yang bener, yang ngga cuma ngandelin dandanan dan serpis, tapi juga bisa bikin kita belajar. Mungkin akan dibahas di sekmen berikutnya :))

Ohya, part time terakhir yang gue ambil ada dua: Jadi pelayan di restoran nabe, dan jadi bartender malemnya. Karena pas menjelang tahun terakhir di kampus daripada nganggur, gue mendingan nyambi lagi buat nabung2 dll ehehe. Dan pas perpisahan pun, sedih banget pastinya 😦

3. Sidang dan Presentasi soal Pengalaman Internship

img_2887

Detik-detik menjelang sidang kelulusan saat itu, adalah detik-detik yang dag dig dug dhuer. Karena tegang sih, jerih payah selama 4 tahun dibuktikan cuma dalam watu 1 jam aja lah piye 😦 belum lagi, dosen-dosen yang serem-serem pun pada dateng-dateng dan manggut-manggut, dan memberikan pertanyaan sepedas nasi goreng karet dua terhadap gue. Untung ga ada yang nanya: “Mbak, punya pacar ngga?”

img_2894
Wajah-wajah lega setelah beres sidang

Dan ya, di tahun 2016, happened moment terbesar gue selanjutnya adalah sidang!

4. Perdana nyobain Shisha!

gifgif
Foosh foosh!

Dari dulu selalu penasaran sama Shisha…. Sempet beberapa kali dateng ke tempat yang ada Shisha-nya, tapi gapernah dibolehin katanya Shisha itu lebih bahaya daripada rokok. Tapi katanya terbuat dari air. Tapi katanya bahaya. Lah?

Apa mungkin sama dengan rokok kekinian yang disebut vape? Yang mirip obat nyambuk bakar itu? Huahua. Ternyata di Kochi, ga jauh dari kota, ada tempat Shisha kecil yang tempatnya lucu juga, dan temen gue akhirnya sukses mengajak gue kesana buat nyobain beneran. Karena gue ndak pernah ngerokok, sekali sedot aja gue ngos-ngosan…

Ternyata, Shisha ndak seenak gosip orang-orang ya.. (?)

 

5. Goodbye my friend

Awal-awal 2016 tidak semanis kisah-kisah sebelumnya. Di tahun ini setelah gue lega-leganya menjalani sidang, gue mengalami breakdown terbesar yang tidak disangka-sangka, yaitu: kehilangan teman terbaik gue.

Ga kok, dia masih ada di dunia ini, mudah-mudahan sehat wal’afiat. It’s just, we’re finally lost, we didn’t go anywhere and ended up killing each other. Sebut saja namanya Mas Opih, cowok on-off Jepang yang sukses bikin gue baper selama 2 tahun terakhir hahahah.

Udah banyak yang dilewati bersama sejak pertemuan pertama kita di salah satu kelas di kampus. Sayang, awal yang manis kadang harus berakhir sangat pahit seperti obat maag.

tumblr_n114rfTTPd1s0qic0o1_400.gif
The bodies gone, but the memories remain.

Yang ingin tahu kisah baper ini, bisa simak di blog lama atau rikues lagi :p

6. Bertemu Gubernur Kochi, in personal!

Sebelumnya bokap gue ngasi gue foto bahwa dia baru saja bertemu dengan gubernur Kochi karena sang gubernur lagi mengadakan kunjungan ke Indonesia. Gile. Jauh-jauh begitu dia rela datang ke Ibu Kota buat promosi kotanya! Ternyata pada suatu malam, belum lama setelah itu, Gubernur-nya dateng juga ke tempat part time gue buat ngadain parteeeeh. Meski dalam keadaan setengah mabuk, tapi si pak Ganteng ini tetap menjaga wibawanya sehingga tetap terlihat konsisten setiap di foto. Dan ternyata beliau ndak lupa sama babeh gue :))

img_3046Processed with VSCOcam with kk1 preset

Nampaknya foto yang kanan ini bisa-bisa mendapat kritikan pedas ya. Moso sama Gubernur pose-nya begitu amat 😦 Ga ding, ada kok foto yang normalnya. Itu sengaja. Kalau dikasih foto yang cakepnya ntar kamu naksir lagi ehehe

7. Reuni Band Lama, Trip ke Hokkaido, dan Wisuda.

Masih dalam situasi menuju kelulusan, senpai-senpai pun biasanya pada dateng buat ngumpul-ngumpul sama para junior yang udah mau lulus. Udah jadi ‘tradisi’ di setiap kampus di Jepang, ‘nomikai’ atauProcessed with VSCOcam with c1 preset drinking party itu ngga boleh absen. Cuma sekedar minum dan hura-hura dan ngobrol ngalor ngidul sama si senpai. Di acara ‘wajip’ inilah gue ketemu lagi sama mantan drummer dan bassis gue, yang mengucapkan selamat atas lulusnya gue (gitaris gue si Amami sih masih betah kayaknya di kampus…). Ngga lupa, ‘tradisi’ lainnya selama suasana lulus-lulusan ini adalah trip ke luar negeri/domestik sama temen-temen angkatan. Sayangnya karena ga semua temen-temen kelas ngga bisa ikut, akhirnya cuma bertiga aja perginya dan tujuan kali ini adalah ke Hokkaido! Yes, bucket list gue lagi-lagi terpenuhi. Tujuannya simpel: makan.

Processed with VSCOcam with g3 preset

Karena seafood di Hokkaido itu, beuh…. ga usah tanya…. MAKNYOSSSSS~. Buat ke Hokkaido sendiri, harus pakai pesawat. Meski pas akhir 2016, shinkansen yang bolak-balik ke Hokkaido udah ada. Dan kayaknya sih bakal mahal banget dan agak memakan waktu. And yes, we were having sooo much fun!

 

Kemudian sepulang dari Hokkaido, akhirnya gue wisudaan. Mencoba anti-mainstream, gue doang yang satu-satunya pake kebaya disana *pas acara penerimaan mahasiswa baru pun, gue pake batik wahahaha*. Jadi keliatan kan kalo gue yang paling gorjes?

Processed with VSCOcam with c1 preset
Ayo tebak gue yang mana?

Ketiga post ini ada di dalam blog lama 🙂

8. Es Krim di Nakano Broadway!

img_4251
Ingat, ngga boleh eye contact. Jangan.

 

img_4250

Bukan Jepang namanya kalau ngga aneh-aneh. Temen gue, Abhi mengajak gue ke sebuah tempat yang bisa dibilang sejenis Mangga Dua-nya Jepang, dan disitu konon ada tempat eskrim terkenal yang ga afdol kalo ga dibeli. Nama eskrimnya: Tokudai Soft Cream. Gue lupa harganya berapa, tapi ngga begitu mahal kok. Eskrim (atau bahasa kekiniannya: Esgrim) ini katanya udah lama banget ada jadi kalau main ke Nakano Broadway, menu wajib banget ini. Ini juga hal menarik yang gue temui di tahun 2016!

 

9. Pindahan

Salah satu konsekuensi tinggal di luar negeri selama belum memastikan sampai kapan stay adalah: pindahan. Ternyata, saat gue lulus, gue memutuskan untuk tinggal lagi di

img_3893
Penampakan apartemen lama

Jepang dan memutuskan melanjutkan bekerja disini. Salah satu hal terberat gue lainnya selain berpisah dengan teman-teman, yaitu berpisah dengan apartemen yang sudah menemani gue selama 4 tahun ini. Banyak kenangan manis dan pahit dan seru yang sudah pernah dirasakan selama gue menempati ruangan ini. Makasih banyak juga untuk bapak dan ibu kos yang dengan baik sudah memerhatikan gue sejak pindah :”

 

Mungkin selanjutnya akan gue bahas mengenai pindahan di Jepang, di sekmen berikutnya. Karena ada serunya juga soal pengalaman pindah di negeri yang serba ribet sama aturannya.

Iya, koskosan aja aturannya segudang! Beda sama koskosan di kita kayaknya ya? Share juga dong pengalaman koskosan di Indonesia! :)) Ohya, tempat baru gue berada di Shizuoka. Gampangnya, tempat yang terkenal karena deket sama gunung Fuji.

img_3237
Penampakan apartemen baru (yang sekarang). Ga ada bedanya sih..

 

10. Mulai Bekerja :)))

Selamat datang, di dunia orang dewasa. Saya masih malu-malu memerlihatkan baju kerja saya… tapi saya tidak segan-segan memerlihatkan foto saya saat sudah seminggu kerja disini. Lebih detailnya: apa sih yang gue kerjain? Mungkin bisa dibahas di post terbaru nanti yaaa hihi.

img_4183
Hidup itu santai aja kayak di pantai.

11. Ada pernikahannya Benakribo.

Alasan minta cuti padahal baru tiga bulan gawe…

dsc_0624
Selamat bahagia dan selamat menanti buah hati pertamanya, ya!

12. (Tidak semuanya) perdana bertemu ‘begundal’ twitter.

Bahwa twitterverse itu luas, dan orang Indonesia itu mudah bersosialisasinya.

dsc_0649
Bertemu lagi dengan kak Pipu. Pertama kali bertemu kak Fika, Kak Tebe, dan.. ini siapa sih yang sering galaw di temlen?

 

13. Menemani teman dari Hongkong ke restoran Ninja dan Culture Exchange Activity di Tokyo.

Temen lama gue tetiba merencanakan datang ke Jepang, dan dia rikues kalau ingin sesuatu yang seru. Emang dasar gue senengnya yang ajaib-ajaib, maka ketemulah gue sama salah satu restoran Ninja Akasaka yang terkenal di Tokyo ini. Seperti konsepnya, dari awal kita masuk sampai selesai, ada aja kejutannya.

img_4676
Lho, apa ini? Shuriken nyangkut?

Ga hanya disitu, kita juga sempet main ke sebuah kota yang menarik, yang dimana ada sebuah pusat budaya yang ditujukan untuk para foreigners yang ingin mengetahui lebih banyak budaya Jepang. Kotanya sendiri menarik! Yaitu kota yang konon katanya terkenal karena banyak kucing liarnya. Iya, nam

img_4726
Jauh-jauh gini cuma mau bilang: “DARI HONGKONG???” (dan mereka orang Hongkong beneran)

anya kota Kucing. Setiap sudut kotanya juga kadang terlihat setiap rumah atau cafe pasti pakai pernak-pernik kucingnya.

 

Sayang sih saat itu karena lagi panas banget, kucingnya pada berteduh entah dimana. Dicari-cari, seekor pun ngga ada. Lain kali, mungkin yaaa?

 

 

14. Merayakan Ulang Tahun dengan Memanjat Gunung Fuji!

Di bulan Agustus, gue level-up ke angka 24. Masih… muda lah yaa :p

Dan ini juga pertama kalinya gue menaiki gunung tertinggi di Jepang, demi mengejar matahari terbitnya! Dan btw, tanggalnya juga agak geser sih dari tanggal ultah gue :p

_dsc0064
Waaaa! Muncul!! Muncuuul!!

15. Bertemu.. Aulion!

Sempat tahu namanya, karena dia sering seliweran di vine :)) Dan tahu juga, karena dia temennya Bena. Eh ya jodoh (teman) tidak kemana, ternyata dia ke Jepang dan kita malah berakhir menghabiskan waktu di FujiQ!

img_5384
This is kind of my most undelightful photo-shot (and experience) ever.

 

16. Bertemu Kak Chika :3

Kakak penuh inspirasi yang (lagi-lagi) bertemu perdana di Negeri Sakura. Sering lihat sliweran di temlen, hingga kemudian ngobrol-ngobrol dan akhirnya membuat gue merasakan pertama kalinya stay di AirBnB–yang rental rumah tinggal yang lagi in banget itulho. Cuma ngeselinnya, gue malah harus meninggalkan kak Chika padahal dia lagi sayang-sayangnya sama gue ketika ada hal lain yang ternyata tidak bisa dihindari 😦

Kita berdua menghabiskan waktu kencan di Kawaguchiko Music Forest, yang mungkin sudah dibahas di blognya kak Chika. Boleh tengok blognya 🙂 *potonya lagi nungguin kak Chika dulu…*

17. Halloween di Shibuya!

Siapa yang ngga tahu Halloween? Acara seru-seruan yang kita berdandan kayak “syaitooooonnn!!!!!!

_dsc0239
Selain merayakan Halloween di tempat yang istimewa, gue juga kedatangan tamu istimewa! Bebeb Zula!

”  dari budaya bule sana, yang ternyata cukup heboh di Jepang. Tapi meski demikian, ‘tradisi’ Halowinan di Jepang sendiri (tepatnya Shibuya) baru aja rame 4 tahun yang lalu. Wah ya masih baru dong ya? Selain menulis agenda tiap tahun, acara Halloween tiap tahun juga adalah acara yang ngga pernah gue lewatin. Sementara ini, gue kasih liat poto gue pas Halloween 2016 dulu yaaa.

Saat itu pun, acaranya lit banget. Karena selama ini gue ngerayain Halloween itu standar banget di Kochi, ngga seheboh dan segaduh yang di Tokyo. Cuma karena saking banyaknya orang, kadang merasa ga bisa menikmati banget party-nya ya.. Tapi kita bisa menikmati dan poto bareng sama orang-orang yang berkostum heboh disana! Atau bahkan tukeran line! :p yukmarrreee~

 

18. The last but not least, Pricil ketemu pacar :3

Setelah kebanyakan menyendiri semasa kuliah dan dibuat pusing sama mas Opih, akhirnya Pricil menemukan tambatan hati jugah :3%e5%86%99%e7%9c%9f-2017-01-15-1-49-11

Kenalkan, pria di sebelah saya namanya Shuhei, atau lebih akrab dipanggil Upey/Maspey. Bisa dikatakan, kita baru aja jadian September lalu. Tapi emang kadang hidup suka nyebelin. Pas lagi sayang-sayangnya begini, masa dia dimutasi……… 😦 jadi weeeeh, kita el-de-er-an. Kayaknya dari dulu ye gue paling akrab sama yang namanya jauh-jauhan. Daripada melenguh eh mengeluh, yasudah jalankan sajah. Toh dia juga dimutasi-nya ke Singapur, salah satu hal yang disyukuri bahwa perbedaan waktunya ngga terlalu signifikan dan orang Indonesia bebas visa kesana wkwkwkwk.

 

Oke, pak-bapak dan bu-ibu, sekian opening (?) blog sayah malam ini.

Bagi yang ingin tahu ‘detail’ cerita-ceritanya (boleh rikues, misalnya: “Inyong mau tau ituh gimana prosesnya ketemu Mas Aulion!!!” atau “Pengalaman naik Gunung Fuji gimana sih? Repot ngga? Apa naiknya di angkut baling-baling bambu?” dll), silahkan banget. Buat yang ingin rikues, gue akan prioritaskan blognya. Kalau ndak ada rikues, ya gapapa saya ntar tetep bahas juga cuma akan memakan waktu lama ahahaha.

 

Silahkan bagi yang ingin melempari saya dengan komentar, langsung saja di kolom komen. Yang mau lempari saya dengan angpau, bisa langsung saja di rekening saya. Sampai jumpa di celoteh berikutnyah!

Salam cihuy!

 

Advertisements

5 thoughts on “Ada Apa Saja di 2016?

  1. Nice story Kaka Pricil.
    Sepertinya ada yg terlewat , ketemuan dengan Ua Papah Diat, di Shizouka, waktu ada acara kunjungan Gubernur Jawa Barat , Pa Ahmad Heryawan dengan Gubernur Shizouka nya belum diceritakan ya..
    ganbate 😬🙏🏻

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s